30 November 2022
Analis politik Dedi Kurnia Syah menyebut sikap Anies Baswedan yang menyatakan diri siap maju menjadi calon presiden pada pemilu 2024 jika mendapatkan dukungan partai sudah tepat.

Jakarta – Analis politik Dedi Kurnia Syah menyebut sikap Anies Baswedan yang menyatakan diri siap maju menjadi calon presiden pada pemilu 2024 jika mendapatkan dukungan partai sudah tepat.

“Statement Anies cukup tepat. Satu, ia menyatakan kesiapan pasca prosesi pemberhentian masa tugas sebagai gubernur di DPRD sehingga Anies dianggap matang dalam menentukan waktu deklarasi personal itu,” kata Dedi, Sabtu (17/9/2022) di Jakarta.

Dedi menilai Anies akan memiliki cukup waktu untuk meyakinkan kolega dari partai-partai politik untuk mendukung.

Anies dikatakan Dedi memang harus menyampaikan sikapnya secara terbuka.

Dedi mengatakan dari sisi modal ketokohan, Anies cukup menjanjikan untuk diusung.

“Pertama, saat ini hanya Gerindra dan PDIP yang miliki tokoh potensial terusung, sementara sisanya belum punya, di sanalah Anies berjuang mendapatkan peluang terusung itu,” katanya.

Sedangkan dari sisi elektabilitas, Anies dianggap memiliki nilai yang positif. “Elektabilitas dan popularitas prestasi Anies cukup tinggi, ini juga modal menarik,” kata Dedi.

Anies Baswedan menyatakan siap maju menjadi calon presiden jika mendapatkan dukungan dari partai.

“Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung,” ujar Anies dilansir dari Reuters Singapura, kemarin.

Nama Anies hampir selalu mendapatkan elektabilitas tinggi dalam jajak pendapat.

Nama Anies masuk tiga besar calon presiden potensial nasional. Dua nama lainnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.