30 November 2022
Ribuan motor gede Harley Davidson dari berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara memadati jalan-jalan di DIY. Mereka menghadiri Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2022.

Yogyakarta – Ribuan motor gede Harley Davidson yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dari berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara memadati jalan-jalan di DIY. Mereka menghadiri Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2022.

Pada hajatan yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) ini juga dijadikan ajang untuk pelantikan Pengurus Daerah (Pengda) HDCI DIY dan kabupaten/kota di wilayah ini. Kehadiran para kaum berkantong tebal ini tentu menggairahkan pariwisata di DIY.

Ratusan motor besar buatan Amerika Serikat berbagai tipe mulai dari muscle, chopper sampai sespan dengan harga mencapai ratusan sampai miliaran rupiah ini mejeng di semua hall di JEC. Bahkan mereka bersliweran sampai ke berbagai objek wisata di DIY termasuk Gunungkidul.

Ketua Panitia JBR 2022, Sobri Emiga Sando mengatakan, kegiatan ini akan digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (17-18/9/2022). Sekitar 2.000 pemilik motor gede (moge) dari seluruh Indonesia terkonfirmasi hadir dalam kegiatan ini.

“Kita gelar spesial setelah pandemi. Tadi pak Wagub juga hadir, pengunjung juga bisa menyaksikan unit yang diproduksi terbatas di dunia. Berbagai merchant juga ada,” ujar Sabtu (17/09/2022).

Menurut dia, kegiatan ini tentu berdampak positif bagi industri pariwisata di DIY. Gelaran ini dulu pertama kali dilaksanakan tanggal 2007 silam dan terbukti mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga angka hunian hotel.

Dari pengalaman sebelumnya, kamar-kamar hotel penuh dan destinasi wisata ramai pengunjung. JBR menjadi agenda dua tahunan sempat vakum selama enam tahun. Jogja Bike Rendesvouz terakhir kali dilaksanakan pada 2015.

“Sempat akan kami gelar pada 2021 lalu namun akhirnya batal akibat pandemi Covid-19,”ujar dia.

Ada yang spesial dalam kegiatan JBR kali ini. Karena para peserta juga ditantang untuk melaksanakan adu kecepatan. Mereka akan beradu cepat di landasan pacu Pantai Depok Bantul di runway sepanjang 800 meter.

Peserta juga akan diajak untuk menikmati keindahan alam di kawasan Selatan Bantul dari udara. Karena mereka diajak turut serta joy flight dari landasan pacu tersebut. Untuk kegiatan sosial, mereka telah membangun jembatan di wilayah Wukirsari, Imogiri, Bantul senilai Rp300 juta. “Para biker juga membagikan voucher BBM dan sembako ,” ujarnya.

Sementara Ketua Pengda HDCI DIY yang baru Santoso Rohmad mengungkapkan, JBR kali ini menjadi industri pariwisata di DIY. Ribuan biker dari seluruh tanah air akan diajak untuk menikmati pariwisata, kuliner di kota ini.

“Tentu roda perekonomian akan bergerak lebih cepat. Karena pelaku UMKM di wilayah DIY juga kami libatkan dalam kegiatan ini, mulai dari pembuatan kaos, aneka souvenir, hingga oleh-oleh,” jelas Direktur Utama Bank BPD DIY tersebut.