30 November 2022
Wuhan kembali lockdown, lebih dari 800 ribu warga diperintahkan tinggal di rumah hingga 30 Oktober.

Jakarta – Wuhan kembali lockdown, lebih dari 800 ribu warga diperintahkan tinggal di rumah hingga 30 Oktober. Banyak warga merasa kelelahan dengan kebijakan China terkait memberantas COVID-19 hingga nol kasus.
“Kami merasa mati rasa terhadap semua itu. Kami merasa semakin mati rasa,” kata seorang warga setempat kepada Reuters, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Puluhan kota, selain Wuhan juga terpaksa menerapkan kebijakan serupa. Hal ini terjadi imbas kasus COVID-19 kembali dilaporkan melampaui seribu pasien selama tiga hari berturut-turut.

Presiden China Xi Jinping mengisyaratkan awal bulan ini, tidak ada pelonggaran kebijakan COVID-19 untuk menekan tren Corona hingga nol kasus. Ia menyebut ini adalah bak perang menghentikan penyebaran virus.

Pada 24 Oktober, sekitar 28 kota di China menerapkan beberapa tingkat tindakan lockdown, dengan 207 juta orang terkena dampak. Wuhan melaporkan 25 kasus COVID-19 baru dalam pekan ini, tercatat lebih dari 200 kasus selama dua minggu terakhir.

Awal pekan ini, sekolah tatap muka dan makan di restoran disetop sementara di pusat China selatan Guangzhou, usai sejak Kamis melaporkan 19 kasus COVID-19 baru.