30 November 2022
Polda Metro Jaya resmi mencabut izin festival musik 'Berdendang Bergoyang' di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Jakarta – Polda Metro Jaya resmi mencabut izin festival musik ‘Berdendang Bergoyang’ di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Faktor keselamatan dan keamanan menjadi alasan di balik pencabutan izin festival musik itu.
“Ya karena faktor keselamatan dan keamanan jiwa bagi para penonton. Karena yang ada di lapangan itu ternyata kapasitas yang ada di tempat acara ya dengan jumlah penonton yang hadir ini melebihi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, Minggu (30/10/2022).

Zulpan menjelaskan pencabutan izin festival musik ‘Berdendang Bergoyang’ dilakukan setelah mempertimbangkan permohonan dari Kapolres Jakarta Pusat. Izin dicabut usai insiden penonton membeludak hingga menyebabkan sejumlah orang pingsan.

“Itu kan yang mengeluarkan izin itu Polda ya kan. Kemudian dengan peristiwa semalam, ya, mempertimbangkan, permohonan Kapolres juga bermohon kepada kita ya, membuat surat permohonan untuk Polda mencabut ya,” ujar Zulpan.

“Sehingga sudah dilakukan rapat oleh Podla ya. Polda memutuskan mencabut izin konser berdendang bergoyang untuk malam ini (Minggu),” sambung dia.

Selain itu, Zulpan menyebut panitia mencetak tiket lebih dari kapasitas yang ada. Polda Metro menilai langkah itu sebagai sebuah pelanggaran.

“Dan ini sangat membahayakan. Kita tidak ingin apabila diberikan lagi izin seperti malam ini, ini nanti dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa,” ujar Zulpan.

Pihak event organizer (EO) festival musik ‘Berdendang Bergoyang’ juga sudah memberikan penjelasan lewat akun Instagram. Acara untuk hari ini resmi dibatalkan.

“Dengan berat hati menginformasikan bahwa event festival di hari ke-3 tanggal 30 Oktober 2022 yang diselenggarakan di Istora Senayan dan Parkir Selatan GBK, harus dibatalkan atas dasar alasan keselamatan dan keamanan,” tulis keterangan dalam unggahan Instagram Berdendang Bergoyang dilihat detikcom.

“Adapun pernyataan pembatalan ini telah kami terima secara langsung dari pihak yang berwajib. Kami menghargai antusiasme teman-teman terhadap festival musik, kami juga berterima kasih untuk para penonton yang sudah menonton di hari ke-1 dan hari ke-2. Perihal informasi pengembalian uang tiket akan diumumkan mekanismenya pukul 16.00 WIB hari ini lewat sosial media kami,” ujarnya.

Pihak penyelenggara menyampaikan permohonan maaf sebesar besarnya atas hal tersebut. Penyelenggara berjanji akan melakukan evaluasi dan menerapkan prosedur keselamatan penonton.

“Kami meminta maaf yang sebesar-sebesarnya atas kejadian ini, ke depannya kami akan terus melakukan evaluasi dan persiapan yang matang dengan tetap mengikuti prosedur dan mengutamakan keselamatan dan keamanan penonton,” imbuhnya.