30 November 2022
Tony Fernandes mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO AirAsia X Bhd (AAX). Empat bulan setelah penunjukan kembali ke jabatan tersebut.

Jakarta – Tony Fernandes mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO AirAsia X Bhd (AAX). Ini terjadi sekitar empat bulan, setelah dirinya ditunjuk kembali ke jabatan tersebut, Juli 2022.
Dimuat media Malaysia, Star, hal tersebut dilakukan atas dasar komitmen lain. Sayangnya tak dirinci apa yang menjadi komitmen tersebut.

Di keterangan yang sama, perusahaan pun menunjuk Mahmood Fawzy Mahmood Fawzy sebagai direktur non-eksekutif independen Thai AirAsia X (AAX Thailand). Disebutkan bahwa penunjukan akan segera efektif.

“Dia akan mengawasi arah strategis dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk jarak menengah AAX dan AAX Thailand,” tulis media itu.

Sebelumnya, Fernandes sempat mengatakan bahwa dirinya telah menyelesaikan mandatnya untuk memulai kembali AirAsia X. Di mana akan ada 20 pesawat untuk grup, 13 untuk AAX dan tujuh untuk AAX Thailand.

“Kami telah memperbaiki struktur biaya, dan menciptakan bisnis kargo, yang telah berkontribusi sekitar 20% terhadap pendapatan maskapai selama pandemi dan akan terus memainkan peran penting dalam pemulihan AAX,” katanya dikutip laman yang sama.

“Saya yakin bahwa AAX akan kembali lebih kuat dengan memberikan perjalanan kelas menengah yang bernilai tinggi, dipimpin oleh tim kepemimpinan senior di Malaysia dan Thailand,” tambahnya.

“Saya sekarang akan fokus untuk memberikan nilai yang signifikan kepada pemegang saham Capital A, termasuk AirAsia Aviation Group, layanan penerbangan, logistik, perjalanan, fintech, dan platform gaya hidup e-commerce,” ujarnya.