30 November 2022
Rizky Noviyandi Achmad (31) dengan sadis membunuh putrinya yang masih berstatus siswi SD serta melukai sang istri hingga kritis.

Jakarta – Seorang pria bernama Rizky Noviyandi Achmad (31) dengan sadis membunuh putrinya yang masih berstatus siswi SD serta melukai sang istri hingga kritis. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun merasa prihatin dengan adanya kasus tersebut.
“KPAI menyesalkan adanya kekerasan yang dilakukan oleh ayah sekaligus suami kepada anak hingga meninggal. Tentu kita sangat prihatin dengan kasus ini,” kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

Rita berharap proses hukum terhadap pelaku bisa ditegakkan secara holistik atau menyeluruh. Dia meminta agar hukuman terhadap pelaku yang berstatus sebagai ayah korban bisa diperberat.

“KPAI berharap bahwa proses penegakan hukum tetap berjalan dengan holistik ya apakah ada gangguan kejiwaan dan seterusnya. Kalau memang tidak, tentu proses hukum berjalan dengan pemberatan ya karena kan bapak ini kan punya tanggung jawab kepada anak gitu ya. Kemudian sebagai pelindung anak lah pengasuh gitu, maka dia tetap perlu pemberatan sepertiga itu kalau memang tidak ada yang meringankan, itu berarti hukum normalnya adalah sepertiga,” ucapnya.

Dia juga mendorong adanya upaya-upaya edukasi untuk pencegahan kejadian serupa terulang. Rita mendorong agar setiap Puskesmas memiliki psikolog yang bisa membantu memecahkan masalah psikologis setiap individu dalam keluarga.

“Keberadaan psikolog di Puskesmas itu sepertinya sudah urgent, tidak perlu malu atau juga misalnya kalau ada masalah keluarga bisa ke Puspaga atau lembaga-lembaga layanan lainnya gitu untuk memperinganankan beban psikologis. Sehingga kemudian tidak mengambil jalan keluar seperti menghabisinya nyawa orang,” ujarnya.

Pembunuhan di Jatijajar Depok

Pembunuhan sadis terjadi di Cluster Pondok Jatijajar, Tapos, Depok, pada Selasa (1/11/2022). Pelaku adalah seorang ayah yang membunuh anaknya yang duduk di kelas VI SD. Tak hanya itu, pelaku juga melukai istrinya hingga dalam kondisi kritis.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan anak pelaku yang menjadi korban pembunuhan mengalami luka parah di bagian kepala. Sementara itu, istri korban yang juga mendapat tindak kekerasan disebut kritis.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan anak pelaku yang menjadi korban pembunuhan mengalami luka parah di bagian kepala. Sementara itu, istri korban yang juga mendapat tindak kekerasan disebut kritis.

“Kalau dilihat dari luka, memang sadis ya. Ada beberapa bacokan, ada beberapa jari yang terputus segala macam. Jadi kita masih menunggu hasil visum dari rumah sakit,” kata AKBP Yogen, Selasa (1/11/2022).

“Untuk anak (luka) kepala, tangan, beberapa jari putus, mata ya, leher banyak darahlah. Jadi meninggal karena kehabisan darah. Istri lukanya di muka sama badan. Kita belum bisa (dalami) karena masih dibawa ke rumah sakit,” tambahnya.

Pelaku Ditetapkan Tersangka
Polisi menetapkan Rizky Noviyandi Achmad sebagai tersangka pembunuhan terhadap anaknya sendiri di Jatiajar Depok. Motif pelaku membunuh korban kini tengah didalami polisi.

“Sudah (tersangka),” ucap AKBP Yogen.

Dia mengatakan Rizky dikenai Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Profesi pelaku disebut sebagai karyawan swasta.