1 Desember 2022
Jepang mengonfirmasi rudal Korea Utara (Korut) melintas di wilayahnya. Kondisi itu membuat Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung.

Tokyo – Jepang mengonfirmasi rudal Korea Utara (Korut) melintas di wilayahnya. Kondisi itu membuat Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung.
Dilansir dari AFP, rudal Korut dilaporkan meluncur di atas negara Jepang pada Kamis (3/11/2022) pagi. Kantor Perdana Menteri mengatakan rudal terbang di atas Jepang sekitar pukul 07.48 waktu setempat.

Perusahaan penyiaran NHK menyampaikan penduduk di wilayah Miyagi, Niigata, dan Yamagata untuk berlindung atau tinggal di dalam rumah.

“Tolong beri tahu polisi dan pemadam kebakaran ketika menemukan benda mencurigakan dan jangan mendekat,” kata kantor perdana menteri dalam sebuah tweet.

NHK mengatakan pemerintah Jepang belum memberikan perintah untuk mencegat rudal yang juga mendorong penangguhan singkat sistem kereta cepat negara itu di beberapa daerah.

Para pejabat sedang menganalisa kemungkinan bahwa rudal itu sebenarnya tidak menyasar Jepang. Seperti yang pernah terjadi pada 4 Oktober, sehari setalah Pyongyang meluncurkan rentetan rudal dan altileri ke arah Korea Selatan.